Jumat, 29 April 2011

Beberapa Fakta Tentang Ice Cream


Menurut sejarah, es krim telah dikenal sejak abad ke-4 sebelum masehi. Saat itu, Kaisar Nero dari Romawi memberi perintah untuk mengambil es dari pegunungan dan menghidangkannya dengan dihiasi buah-buahan.
Es krim dengan bentuk yang kita lihat sekarang pertama kali diperkenalkan oleh Kaisar Tang dari Dinasti Shang, China. Saat itu, sang Kaisar memerintahkan agar es dicampur dengan susu sapi dan tepung.  Semua bahan tersebut diaduk hingga menjadi krim.
Di Eropa, es krim diperkenalkan oleh Marcopolo. Mereka memproduksi mesin yang bisa membuat air menjadi beku. Karena listrik belum ditemukan,  mesin tersebut menggunakan minyak tanah. Hal itulah yang membuat es menjadi mahal sehingga hanya dikonsumsi oleh bangsawan.  Hingga abad ke-16, es krim adalah hidangan yang mewah.
Berikut ini adalah beberapa fakta sejarah mengenai es krim.
  1. Kata ice cream berasal dari frasa “iced cream”.
  2. Kedai es krim yang pertama didirikan adalah di New York City pada tahun 1776.
  3. Terobosan besar dalam pembuatan es krim adalah penggunaan garam untuk mengatur temperatur adonan, serta ditemukannya freezer.
  4. Tahun 1846, Nancy Johnson dari New England menemukan mesin es krim manual, yang kemudian dipatenkan oleh William G. Young dengan nama “Johnson Patent Ice-Cream Freezer” pada tahun 1848.
  5. Tahun 1851, Jacob Fussel  mendirikan pabrik es krim skala besar yang pertama.
  6. Tahun 1897, Alfred L Cralle menemukan dan mematenkan cetakan es krim dan scooper.
  7. Tahun 1926, Clarence Vogt menemukan freezer modern.
Dahulu, di Italia, Fransesco Propopio dei Coltelli menjual es buah berupa strawberry sorbet dan es krim. Awalnya, orang-orang menganggap itu adalah makanan yang aneh. Namun semakin lama pembuatan es krim semakin meluas, dan sekarang Italia menjadi salah satu negara yang terkenal akan kelezatan  es krimnya.
Di Amerika, es krim adalah sajian orang-orang ternama seperti Presiden Amerika George Washington dan Thomas Jefferson. Saat ini, Amerika adalah negara yang masyarakatnya paling banyak mengonsumsi es krim. Rata-rata setiap orang menghabiskan 15-20 liter per tahun. Waw!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar