Jumat, 29 April 2011

Sejarah Ice Cream

Sejarah Es Krim

Banyak versi tentang awal mula munculnya makanan yang kemudian terkenal dengan sebutan ice cream ini. Berikut ini beberapa sejarah yang menceritakan awal mula terciptanya es krim (CBN, 2004).



Sejarah Es Krim di Romawi

Es krim sudah mulai dikenal sejak jaman Romawi saat diperintah oleh Kaisar Nero. Ini terbukti dari catatan sejarah yang menceritakan detil sebuah pesta. Dimana pada salah satu hidangannya adalah es yang diambil dari penggunungan dengan dihiasi buah-buahan. Kaisar Nero Claudius Caesar dari Roma (37-68 SM) saat itu mengirim para budak kc atas puncak gunung bersalju untuk membawa salju dan es bersih guna menyegarkan dan membekukan minuman dan buah-buahan yang akan disantapnya. Kemudian, salju segar dan bersih itu dibuat hidangan baru dengan mencampurinya madu dan buah-buahan.

Sejarah Es Krim di China

Kaisar Tang dimasa pemerintahan Dinasti Shang adalah raja yang memiliki citarasa tinggi terhadap makanan dan minuman. Masakan China dimasa itu betul-betul dibuat menjadi masakan kelas dunia. Para juru masak terbaik dari seluruh China dikumpulkan, mereka diberikan jenjang atau tingkat keahlian. Teknik memotong dan menggoreng jadi sebuah kebanggaan bagi para ahli juru masak China. Ketika disajikan es yang diambil dari salju yang turun, Kaisar tidak segera menyantap begitu saja es yang tersedia. Beliau meminta agar es dicampur dengan susu sapi, tepung dan sedikit kapur barus. Adonan ini diaduk hingga membentuk krim. Mulailah dikenal di kalangan istana es krim yaitu es yang berupa adonan beberapa bahan. Kemudian es tersebut dibawa dari China ke Eropa oleh K ing Tang of Shang, yang menemukan metode pembuatan ramuan es dan susu. Sejak Dinasti Song (960-1279), es musim dingin yang dicampur dengan sirup, disimpan selama beberapa bulan dan akhimya dijual pada saat musim panas. Pada masa Dinasti Yuan (1271-1368), susu dikenal sebagai tambahan dalam campuran es tersebut. Es krim merupakan salah satu peninggalan sejarah China yang cukup lama di samping sejarah-sejarah lainnya. Lebih dari 3.000 tahun yang lalu, keluarga-keluarga China telah mampu menghidangkan para tamu mereka dengan jus manis yang dicampurkan dengan salju atau es.

Sejarah Es Krim di Inggris

Di Inggris es krim konon bermula dari zaman Charles I dari Inggris. Ketika itu. Raja Charles I dari Inggris mengadakan jamuan makan mewah untuk beberapa sahabat dan keluarganya. Jamuan hari itu terdiri dari makanan yang sangat lezat, tetapi untuk makanan pencuci mulut belum juga datang. Selang beberapa waktu kemudian, setelah melakukan berbagai persiapan, akhimya juru masak kerajaan dari Perancis muncul dengan membawa hidangan makanan penutup atau dessert yang unik yaitu es krim ke atas meja jamuan sebagai menu baru ciptaannya. Hidangan itu mirip tetesan salju segar yang jatuh ke bumi, tetapi begitu lembut dan manis daripada hidangan pencuci mulut makan malam mana pun.
Tamu yang hadir saat itu merasa gembira, dan setuju bahwa hidangan pencuci mulut Raja adalah hidangan yang terbaik. Mendapati isyarat demikian. wajah Raja Charles kelihatan berseri-seri, dan pada saat para tamunya bubar, Raja Charles kemudian dengan tergesa-gesa memanggil juru masak Perancisnya dan memerintahkannya untuk menyimpan resep rahasia kerajaan dan tidak membocorkan rahasia makanan dinginnya itu dan juga dia menginginkan agar makanan tersebut hanya dihidangkan di atas meja kerajaan, sebagai imbalannya raja menawarkan uang sejumlah 500 poundsterling setahun kepada juru masaknya itu.
Rahasia tersebut masih terus dijaga dan disimpan oleh sang juru masak, namun pada saat kepala Charles dipenggal oleh musuh politiknya pada tahun 1649, rahasia es krim tersebut hanyalah tinggal rahasia saja. juru masak yang bemama DeMirco tidak menepati janjinya sebagaimana yang diminta oleh Raja, resep tersebut bocor dan tersebar ke mana-mana

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar